Regulasi Berbasis Keberlanjutan Kunci Penting Menarik Investasi ke Daerah

Regulasi Berbasis Keberlanjutan Kunci Penting Menarik Investasi ke Daerah
Impact investment lead ANGIN Benedikta Atika. Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Ditta Mangiri mengatakan, hal terpenting dalam menjemput bola investasi di daerah tidak lepas dari penerapan regulasi berbasis keberlanjutan, terutama soal tata kelola yang baik.

Dia menjelaskan, daerah dengan pelayanan publik dan regulasi yang baik akan memiliki iklim investasi yang baik.

Selain itu, daerah yang memiliki skor tata kelola di atas rata-rata mempunyai peringkat daya saing berkelanjutan yang tinggi.

Ditta menambahkan, keberhasilan menarik investasi terletak pada kemampuan tata kelola yang baik.

“Hal itu terwujud dalam perencanaan dan penganggaran yang terfokus (money follow program), sistem pelayanan yang smart dengan kebutuhan publik dan didukung kebijakan daerah yang berkualitas," ujar Ditta dalam webinar Investasi untuk Daya Saing: Saatnya Daerah Jemput Bola yang diselenggarakan KPPOD bekerja sama dengan Katadata dan Kinara, Kamis (22/10).

Ditta melanjutkan, dukungan kepemimpinan yang kuat di daerah juga perlu didorong.

Kapasitas dan integritas kepemimpinan daerah yang kuat ini bisa menentukan terwujudnya tata kelola yang baik.

"Penguatan tata kelola mesti didukung penataan sistem, baik yang terkait dengan penguatan kewenangan daerah maupun proses mendapatkan pemimpin yang berkualitas (pilkada)," imbuh dia.

hal terpenting dalam menjemput bola investasi di daerah tidak lepas dari penerapan regulasi berbasis keberlanjutan, terutama soal tata kelola yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News