Rekomendasi dari Istana, Tunda Persidangan di MK

Siapkan Perppu Mekanisme Rekrutmen Hakim MK

Rekomendasi dari Istana, Tunda Persidangan di MK
Rekomendasi dari Istana, Tunda Persidangan di MK

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY), Sabtu (5/10), menggelar pertemuan dengan pimpinan MPR, DPD, DPR, MA, KY dan BPK.

Pertemuan membahas langkah-langkah untuk menyelamatkan integritas Mahkamah Konstitusi (MK) pascaditangkapnya Akil Mochtar atas dugaan penerimaan suap.

Pertemuan itu berhasil menyepakati lima hal terkait kondisi MK saat ini.

"Saya beri judul agenda dan langkah-langkah penyelamatan MK. Itu merupakan pandangan dan pemikiran saya bersama kepala lembaga negara yang hadir saat ini," ujar Presiden SBY dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (5/10).

Butir pertama kesepakatan adalah merekomendasikan kepada MK agar segera mengambil langkah-langkah untuk mencegah munculnya penyimpangan baru. Termasuk menunda persidangan-persidangan jangka pendek jika dirasa perlu.

Butir kedua, meminta KPK untuk bekerja lebih cepat dan konklusif dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan Akil Mochtar. Terutama dalam memastikan jajaran MK yang lain bersih dari penyimpangan.

"Hal ini penting agar trust kepada MK bisa pulih kembali," ucap Presiden SBY.

Butir ketiga, lanjut SBY, pemerintah akan menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) mengenai persyaratan, aturan dan seleksi hakim MK. Perppu baru ini bertujuan meredam kepentingan politik dalam proses pemilihan hakim MK.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY), Sabtu (5/10), menggelar pertemuan dengan pimpinan MPR, DPD, DPR, MA, KY dan BPK. Pertemuan membahas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News