Rekomendasi Guru Besar Paru UI Agar Libur Lebaran Aman dari Penularan Covid-19

Rekomendasi Guru Besar Paru UI Agar Libur Lebaran Aman dari Penularan Covid-19
Guru Besar Paru FK UI merekomendasikan sejumlah hal agar aman selama libur lebaran 2021. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk mencegah tertular Covid-19 selama masa libur Lebaran 1442 H.

Dia memerinci pertama harus terapkan protokol kesehatan yang mencakup mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

"Kesadaran kita semua bahwa 3M dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi adalah demi perlindungan kita sendiri," kata dia dalam pesan elektroniknya, Selasa (11/5).

Mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tjandra mengingatkan apabila terpaksa berada dalam kerumunan, tetaplah berusaha menjaga jarak dan mempersingkat waktu berada di lokasi itu.

Terkait lokasi liburan, sebaiknya pilih yang berada di udara terbuka ketimbang dalam ruangan. Hal ini juga sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan ruang udara terbuka lebih aman daripada ruang tertutup.

Di sisi lain, tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan perlu melakukan simulasi demi mengantisipasi kasus penularan Covid-19.

"Melakukan surveilans atau pengamatan yang sistematis dan terus menerus terhadap data dan informasi tentang kasus Covid-19 yang ketat dan menyeluruh," ungkapnya.

Kepala divisi penyakit menular di University at Buffalo Dr. Thomas Russo mengatakan apabila sudah melakukan divaksinasi penuh, bepergian jauh lebih aman walau tidak 100 persen akan terhindar dari Covid-19.

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama mengeluarkan rekomendasi untuk mencegah tertular Covid-19 selama masa libur Lebaran 1442 H.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News