Rekrutmen CPNS 2018 Usai Asian Games

Rekrutmen CPNS 2018 Usai Asian Games
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Kendari Pos/JPG/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pelaksanaan rekrutmen CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2018 kemungkinan dimulai setelah penyelenggaraan Asian Games 2018. Terlebih, Menteri PAN-RB Syafruddin, yang menjabat cheef de mission Asian Games 2018 masih fokus pada perhelatan empat tahunan itu.

"Tapi kita harapkan setelah Asian Games bisa diumumkan," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) KemenPAN-RB Mudzakir, seperti diberitakan Sumatera Ekspres.

Diakuinya, saat ini KemenPAN-RB masih melakukan proses validasi usulan-usulan formasi yang masuk dari pemerintah daerah dan pusat. Tujuannya agar formasi yang ditawarkan benar-benar sesuai kebutuhan.

Selain itu, agar daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50 persen dalam APBD, tidak asal menerima pelamar. "Aturannya di bawah 50 persen (belanja pegawai), tetap berlaku. Proses validasi masih kami lakukan supaya formasi yang dikeluarkan benar-benar sesuai kebutuhan dan kemampuan anggaran," lanjutnya.

Dikatakan, pihaknya masih menghitung detail berapa kebutuhan CPNS. Jangan sampai ada lowongan yang dibuka, namun daerah tersebut tidak benar-benar membutuhkan formasi itu.

"Misalnya formasi tenaga kesehatan berapa yang diperlukan di puskesmas di kecamatan tertentu, sampai sedetail itu kita validasi usulan," jelasnya.

Kata Mudzakir, ada hal lain yang cukup menggembirakan. Pemerintah akan menyiapkan formasi khusus bagi atlet berprestasi di Asian Games 2018.

Apalagi dalam Asian Games ini, hingga Senin (20/8) petang sudah ada empat atlet yang merebut emas. “Prestasi ini akan diapresiasi dengan menyiapkan formasi khusus bagi atlet berprestasi internasional,” jelasnya. (ran/kos/eno/yud/cj10/fad/ce1)

Rekrutmen CPNS 2018 baru akan dilakukan usai pelaksanaan Asian Games, sekaligus menunggu selesainya penetapan formasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News