Rekrutmen Guru PPPK di Daerah Ini Sepi Peminat, Apa Penyebabnya?

Rekrutmen Guru PPPK di Daerah Ini Sepi Peminat, Apa Penyebabnya?
Aktivitas belajar mengajar di satu sekolah di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. (ANTARA/HO-Zack Tonu B)

jpnn.com, WASIOR - Rekrutmen guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, sepi peminat. Hal ini mengakibatkan pemerintah daerah kesulitan memenuhi kebutuhan guru. 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahagara Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Jonathan Sembiring dalam perekrutan tahun ini ada 285 posisi guru PPPK yang ditawarkan, tetapi hanya 76 yang terisi. 

"Lowongan PPPK formasi guru sepi peminat dikarenakan banyak kualifikasi pendidikan yang diminta tidak tersedia di Wondama. Jumlah yang kami dapat tahun ini dari gelombang I dan II sebanyak 76 orang dari kuota 200 lebih," katanya di Isei-Wasior, Sabtu (4/6). 

Dia mencontohkan tenaga guru yang tidak tersedia di Teluk Wondama antara lain guru dengan kualifikasi pendidikan S1 pendidikan anak usia dini, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan olahraga, dan bimbingan konseling. 

"Tenaga pengajar yang ada di Wondama tidak ada yang dari jurusan-jurusan itu sehingga kuota itu tidak terpenuhi," katanya.

Berdasar data, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Kabupaten Teluk Wondama, masih membutuhkan setidaknya 326 guru untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di 128 lembaga pendidikan di tingkat PAUD hingga SMP. 

Jonathan Sembiring berharap peserta seleksi guru PPPK gelombang tiga lebih banyak dari sebelumnya. "Tahun ini, kalau kita tidak punya guru honor yang ada di sini maka dari kabupaten lain juga bisa melamar di sini. Itu yang kami harapkan. Ini juga untuk membantu memenuhi kekurangan guru," katanya.

Selain melalui perekrutan guru PPPK, kata dia, Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama berencana merekrut 100 guru kontrak baru untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah yang ada di daerah pesisir, kepulauan, dan pedalaman. (antara/jpnn)

Rekrutmen guru PPPK di daerah ini sepi peminat. Dalam perekrutan guru PPPK tahun ini, ada 285 posisi yang ditawarkan, tetapi hanya 76 yang terisi.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News