Rektor Unhan Sebut Jarang Ada Pemimpin di Dunia Seperti Megawati Soekarnoputri

Jumat, 11 Juni 2021 – 19:20 WIB
Rektor Unhan Sebut Jarang Ada Pemimpin di Dunia Seperti Megawati Soekarnoputri - JPNN.com
Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian dalam acara pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategis pada Fakultas Strategi Pertahanan Unhan RI kepada Megawati Soekarnoputri di Kampus Bela Negara, Sentul, Jawa Barat, Jumat (11/6). Foto: Tim Dokumentasi Megawati Soekarnoputri.

jpnn.com, BOGOR - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian menilai Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri merupakan sosok yang telah berhasil menunjukkan kepemimpinannya.

Dia menyebutkan bahwa sangat langka adanya pemimpin dunia yang dapat membuktikan diri berhasil sebagai anggota DPR, wakil presiden, bahkan menjadi presiden, dan berasal dari anak mantan kepala negara.

"Di kalangan pemimpin dunia, belum ada seorang wanita dapat menjabat berturut-turut sebagai wakil presiden dan presiden. Sejarah dunia juga mencatat tidak banyak seorang presiden yang juga putri dari seorang presiden sebelumnya," kata Prof Amarulla.

Prof Amarulla menyampaikan itu saat pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategis pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI kepada Megawati Soekarnoputri di Kampus Bela Negara, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6).

Amarulla menilai putri Proklamator RI Bung Karno itu mampu membawa negara dan bangsa Indonesia melalui masa-masa sulit pascareformasi 1998.

Dengan karakter dan wibawa yang kuat, katanya, Megawati mampu menyelesaikan krisis multidimensi dan meletakkan fondasi yang kuat bagi tata negara dan pemerintahan yang terbukti kebenarannya sampai masa kini.

Jenderal TNI AL bintang tiga itu menyatakan keberhasilan dan prestasi Megawati dalam kepemimpinan regional dan global, kemudian sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan merupakan wujud nyata ilmu pengetahuan kepemimpinan strategis.

"Beberapa penghargaan doktor honoris causa dari berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri merupakan bukti pengakuan pemikiran akademik atas kepakaran beliau dalam bidang kepemimpinan strategis, yang juga sangat terkait dengan bidang pertahanan," ungkap Amarulla.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...