Relawan Gus Ipul Sudah Bergerak, Baliho Bertebaran

Relawan Gus Ipul Sudah Bergerak, Baliho Bertebaran
Saifullah Yusuf. Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Baliho pasangan bakal cagub-cawagub Jatim, Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas, sudah mulai bertebaran.

Komisioner KPU Muhammad Arbayanto tidak mempermasalahkan munculnya reklame dan baliho Gus Ipul - Anas. Kendati hal tersebut dianggap berbau kampanye.

"Kami kalau untuk baliho orang yang menyatakan maju sebagai calon gubernur saat ini belum masuk dalam aturan. Dan itu tidak ada dalam aturan atau PKPU," ujar Arba saat dihubungi, Rabu (21/11).

Dijelaskannya, yang ada atau diatur dalam PKPU adalah setelah penetapan calon gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari tahun depan oleh KPU.

Begitu resmi ditetapkan sebagai calon, barulah diatur perangkat dan metode yang digunakan pasangan calon dalam kampanye. Hingga mendekati waktu pencoblosan Pilgub.

"Kalau sekarang sama dengan orang biasa menyatakan maju calon gubernur atau kepala daerah," bebernya.

Terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari membenarkan soal pemasangan reklame pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Gus Ipul-Anas.

"Iya, nanti untuk semua di 38 kabupaten/kota. Dimulai dari Surabaya, sudah ada lima (reklame,red)," ujar wanita yang duduk sebagai anggota DPRD Jatim tersebut.

Gus Ipul mengakui relawan-relawan sudah mulai bergerak menghadapi Pilgub Jatim 2018. Baliho juga sudah mulai ditebar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News