Relawan Jokowi Apresiasi Negara Akui 12 Pelanggaran HAM Berat di Indonesia

Relawan Jokowi Apresiasi Negara Akui 12 Pelanggaran HAM Berat di Indonesia
Relawan Jokowi apresiasi negara akui 12 pelanggaran HAM berat di Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Adli Abdullah memberikan apresiasi kepada Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengakui adanya pelanggaran HAM berat di masa lalu dan berjanji tidak akan terulang lagi.

Adli mengatakan selama puluhan tahun, negara mengabaikan peristiwa pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Kini, kata dia, di tangan presiden bertubuh kecil bernyali besar ini mengumumkan pengakuan dan penyelesaian 12 Kasus Pelanggaran HAM yang Berat yang disuarakan di Istana Negara pada Rabu (11/1).

“Pidato di awal tahun ini menjadi kado terindah bagi rakyat Indonesia yang puluhan tahun menunggu negara berbicara tentang pelanggaran HAM berat. Ini peristiwa bersejarah bagi korban, keluarga korban pelanggaran HAM dan rakyat Indonesia. Negara hadir pada 12 peristiwa pelanggaran HAM berat yang direkomendasikan oleh Komnas HAM,” ungkap Adli, Rabu (11/1).

Adli mengatakan pengakuan orang nomor satu di Indonesia yang menyesalkan pelanggaran HAM berat merupakan hasil kerja keras korban, keluarga korban dan selanjutnya didukung oleh presiden.

Adli mengaku paham ada warga yang meminta mestinya presiden menyatakan minta maaf, bukan sekadar berempati dan sebagainya.

Menurut dia, ini adalah langkah awal menyelesakan beban berat Indonesia di masa kin karena masih membawa beban masa lalu. Bagaimana warga bisa menatap masa depan jika masalah masa lalu belum diakui atau diselesaikan.

“Selanjutnya kita kawal dari hasil rekomendasi yang diajukan oleh Tim PPHAM kepada Jokowi. Adalah kewajiban negara memberikan pemenuhan hakp-hak kepada korban atau ahli korban. Jangan nanti di lapangan ada pungli. Maka perlu tim yang kawal ini. terima kasih kepada Pak Makarim Wibisiono dan kawan-kawan yang telah bekerja keras menyelesaikan kerja berat ini dalam waktu tigabulan,” kata Adli yang juga dosen Fakultask Hukum Universitas Syiah Kuala dan Tenaga Ahli Menteri ATR Bidang Hukum dan Masyarakat Adat ini.

BARA JP memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi) yang telah mengakui adanya pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News