Relawan Minta Jokowi Prioritaskan Agenda Bidang Kesra

Relawan Minta Jokowi Prioritaskan Agenda Bidang Kesra
Relawan Minta Jokowi Prioritaskan Agenda Bidang Kesra

jpnn.com - JAKARTA - Relawan pendukung Joko Widodo yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) meminta calon presiden (capres) dari PDIP yang dikenal dengan panggilan Jokowi itu fokus pada persoalan kesejahteraan rakyat (kesra). Pertimbangannya, Jokowi sebagai figur baru harus bisa menangkal kerinduan masyarakat terhadap era Orde Baru yang mampu menyediakan bahan pangan murah namun menerapkan pemerintah otoriter.

Menurut Sekjen Almisbat, Hendrik Sirait, akhir-akhir ini muncul gerakan untuk mengingatkan publik tentang kenyamanan era Orde Baru. Padahal, kata Hendrik, era Orde Baru didominasi praktik anti-demokrasi dan sarat pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Hendrik mengatakan, demi menangkal ajakan tentang bentuk kenyamanan Orde Baru itu maka Jokowi perlu fokus pada dua hal demi kesejahteraan rakyat. Yakni mengatasi pengangguran dan memperkuat bidang pertanian.  “Almisbat mengusulkan kepada calon presiden Joko Widodo untuk fokus pada dua agenda kesejahteraan rakyat jika kelak dipercaya memimpin Indonesia ke depan,” kata Hendrik Sirait dalam konferensi pers tentang sikap politik Almisbat di Jakarta, Minggu (11/5).

Sebelumnya, Almisbat selama dua hari sejak Sabtu (10/5) menggelar pertemuan nasional relawan di Jakarta guna konsilidasi sekaligus memantapkan strategi memenangkan Jokowi. Menurut Hendrik, sikap politik itu juga dihasilkan dari pertemuan nasional Almisbat.

Hendrik menjelaskan, untuk agenda mengatasi pengangguran bisa dilakukan dengan menciptakan lapangan kerja. Almisbat bahkan mengusulkan adanya direktorat jenderal baru di kementerian tenaga kerja yang mengurusi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja.

“Adalah hak bagi semua angkatan kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan itu merupakan tugas negara yang dijamin dalam konstitusi Republik Indonesia,” katanya.

Sedangkan agenda di bidang pertanian sangat penting demi menciptakan kedaulatan pangan. Hendrik menegaskan, Indonesia sebagai negara agaris harus berdaulat di bidang pangan. Untuk itu, Almisbat mendorong Jokowi jika kelak terpilih untuk mempermudah akses bagi petani dalam mendapatkan lahan garapan plus terjaminnya aliran air untuk lahan pertanian.

Pada kesempatan sama Koordinator Kampanye Almisbat, Indra P Simatupang mengatakan, dua program pokok itu menjadi syarat utama yang perlu dilakukan pemerintahan Jokowi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. “Kami meyakini Jokowi mendengar dan merasakan jerit penderitaan petani miskin dan para penganggur,” kata Indra.(jpnn)

JAKARTA - Relawan pendukung Joko Widodo yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) meminta calon presiden (capres)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News