JPNN.com

Dukung Prabowo, Amien Rais Dikecam Aktivis HAM

Minggu, 11 Mei 2014 – 21:28 WIB Dukung Prabowo, Amien Rais Dikecam Aktivis HAM - JPNN.com
Dukung Prabowo, Amien Rais Dikecam Aktivis HAM

JAKARTA - Pilihan koalisi Partai Amanat Nasional (PAN) ke Partai Gerindra, yang dikabarkan akan segera mendeklarasikan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hata Rajasa, menuai reaksi negatif dari para aktivis HAM. Terlebih, pilihan politik PAN ini direstui  Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional, Amien Rais.

Aktivis HAM dari Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos terang-terangan menyebut bahwa dengan memberikan dukungan terhadap pencapresan Prabowo, Amien Rais sudah tidak layak lagi disebut sebagai tokoh gerakan reformasi.

"Kalau berpolitik tanpa hati nurani semua bisa dihalalkan. Bagi Amien Rais dan PAN, yang utama adalah bagaimana meraih kekuasaan," kata Bonar, di Jakarta, Minggu (11/5).

Pasalnya, menurut Bonar  Prabowo, adalah tokoh yang diduga bermasalah dengan HAM di era gerakan reformasi, di mana saat itu Amien Raius merupakan salah satu tokoh sentralnya, atau sebagai tokoh lokomotif reformasi.

Dengan pilihan politiknya saat ini, Amien, menurut Bonar, hanyalah seorang tokoh yang lebih mengutamakan politik praktik, mengejar kekuasaan belaka.

"Bagi elit politik pencari rente dan kekuasaan, isu HAM atau kemanusiaan bukan suatu hal yang diprioritaskan. Kita masih jauh dari menciptakan politik yang beradab di negeri ini," kata dia.

Diberitakan, pada 24 April 2014, di rumahnya di Yogyakarta, Amien menyatakan lebih mendukung Prabowo Subianto ketimbang capres lainnya. Pernyataan Amien pun dikutip banyak media, dan menjadi sinyal PAN akan berkoalisi dengan Gerindra, dan mendukung Prabowo Subianto.

Amien memuji Prabowo, yang dinilai lebih bisa diharapkan mengangkat harkat martabat  bangsa Indonesia yang ia nilai kini bermental inlander atau sedang terjajah. Prabowo, menurut Amien, dianggap akan mampu menghentikan praktek privatisasi BUMN.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...