Remaja China Rela Jual Ginjal demi iPad

Remaja China Rela Jual Ginjal demi iPad
Remaja China Rela Jual Ginjal demi iPad
CHINA - Pengadilan di China Selatan menjatuhkan vonis bersalah kepada lima orang anggota sindikat penjualan organ manusia, Jumat (6/4). Kelima terdakwa disidang atas tuduhan menjual ginjal seorang remaja usia 17 tahun bernama Wang pada April 2011.

 

Wang mengaku menjual ginjalnya kepada para terdakwa demi membeli iPhone dan iPad. Remaja yang berasal dari Anhui, salah satu provinsi termiskin di China itu menerima bayaran sebanyak 22 ribu Yuan, atau setara dengan sekitar Rp30 juta. Namun seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, Wang kini harus berjuang hidup karena mengalami gagal ginjal.

Produk keluaran Apple sangat populer di kalangan remaja China. Hanya saja, harga perangkat elektronik buatan Amerika itu tidak terjangkau oleh mayoritas masyarakat di China. Tingginya harga produk keluaran Apple itu pula yang diduga membuat Wang nekad menjual organ tubuhnya yang vital.

Padahal sejak tahun 2007, pemerintah China melarang praktik jual beli organ manusia untuk kebutuhan medis. Peraturan tersebut mendorong banyak warga China yang membutuhkan transplantasi organ beralih ke pasar gelap untuk memenuhi kebutuhannya. (dil/jpnn)

CHINA - Pengadilan di China Selatan menjatuhkan vonis bersalah kepada lima orang anggota sindikat penjualan organ manusia, Jumat (6/4). Kelima terdakwa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News