JPNN.com

Rencana Pembangunan 3 Jalan Tol, Jogja – Solo Paling Alot

Rabu, 19 Juni 2019 – 08:11 WIB Rencana Pembangunan 3 Jalan Tol, Jogja – Solo Paling Alot - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pembangunan tiga jalan tol sekaligus, yakni Jogja - Bawen, Jogja - Cilacap, dan Jogja – Solo, terus dimatangkan.Pemprov dan pemerintah pusat masih intens melakukan pembahasan. Hingga sekarang harga tanah di wilayah calon terdampak pun masih normal.
--

REALISASI pembangunan jalan tol Jogja - Solo paling alot di antara proyek strategis nasional lain di DIJ. Pembangunan jalan tol Jogja - Bawen, contohnya. Hingga sekarang Pemprov DIJ dan pemerintah pusat belum bersepakat. Kendati begitu, pemprov mengisyaratkan tetap memberikan lampu hijau terhadap proyek yang digagas pemerintah pusat itu.

Sekprov DIJ Gatot Saptadi menyebutkan, di antara keberatan pemprov terletak pada penentuan jalur yang dilintasi tol. Khususnya perbatasan antara Prambanan, Jawa Tengah dan DIJ. Pemprov bersikukuh jalan tol Jogja - Solo tersambung dengan Jogja - Bawen.

Di mana pemprov dan pemerintah pusat telah menyepakatinya. Dengan begitu, exit toll Jogja-Solo dan Jogja Bawen berada satu kawasan. Yakni, di kawasan Ring Road Timur.

BACA JUGA: Debat Panas BW vs Luhut di Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2019

Menurut Gatot, detail engineering design (DED) tol Jogja-Bawen telah disusun. Dari DED itu diketahui, tol sepanjang 10 kilometer tersebut bakal melintas di sepanjang Karangtalun, Minggir, Sleman. Membujur ke timur hingga ke arah Ring Road Timur.

”DED-nya sudah diteruskan ke pemerintah pusat,” jelas Gatot di kompleks Kepatihan belum lama ini.

Keinginan lain pemprov adalah desain tol dibangun melayang (elevated). Itu untuk menghindari banyaknya situs bersejarah di wilayah Kota Jogja. Meski begitu, Gatot tetap melarang ruas tol melintas di atas situs-situs bersejarah. ”Sekitar 500 meter dari tol harus bebas,” tegasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...