Repons Bang Saleh Setelah Jokowi Melantik Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes

Repons Bang Saleh Setelah Jokowi Melantik Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menghormati keputusan Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes), walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang bidang kedokteran.

Sebagai catatan, Budi Gunadi Sadikin (BGS) ditunjuk sebagai Menkes RI menggantikan Terawan Agus Putranto. Dia resmi dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu pagi (23/12).

Keputusan Presiden Ketujuh RI itu juga menjadi sejarah karena ini pertama kali Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dipimpin oleh figur yang bukan dari kalangan dunia kesehatan.

"Kan, banyak orang yang meragukan Pak BGS. Sebetulnya keraguan itu beralasan. Sebab, BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan," kata Saleh dalam pesan singkatnya kepada awak media, Rabu (23/12).

Hal tersebut menurut legislator PAN ini, berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya di mana menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran.

Karena itu, kata Saleh, BGS perlu menjawab pihak-pihak yang meragukan kapasitasnya sebagai menkes dengan kinerja baik. Misalnya, segera memperbaiki penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Namun demikian, saya yakin, dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga yang pernah dilakoni sebelumnya, tugas memimpin Kemenkes akan dapat dijalankan dengan baik," kata Plh ketua Fraksi PAN DPR ini.

"Setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan. Tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin Kementerian Kesehatan," lanjut Saleh.

Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin (BGS) ditunjuk Presiden Jokowi sebagai menkes menggantikan dr Terawan Agus Putranto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News