Republik Tropis Jadi Desain Scraf Limited Edition

Republik Tropis Jadi Desain Scraf Limited Edition
KREATIF: Karya karya Eko Nugroho yang unik mengantarkan seniman yang diakui dunia. Foto Dok Pribadi for Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - Brand fashion mashur, Louis Vuitton, kepincut pada lukisan karya Eko Nugroho, perupa asal Jogjakarta. Gambar goresan Eko pun dijadikan bagian dari desain produk scarf keluaran perusahaan fashion asal Italia itu.

UMA NADHIF KHOLIFATIN, Jogjakarta

Bagi Eko Nugroho, 36, seni rupa adalah darah daging hidupnya. Paling tidak, sudah 20 tahun dia menggeluti seni visual itu. Ratusan karya telah dihasilkan. Mulai lukisan, patung, hingga komik.Melalui karya-karyanya, Eko berpetualang mengelilingi dunia. Bukan hanya berpelesir, tapi memamerkan apa yang telah dibuat dengan sepenuh jiwa.

Berbagai pameran pun pernah dia ikuti, baik pameran bersama maupun tunggal.Tidak hanya tingkat lokal dan nasional, Eko juga kerap tampil di event-event pameran internasional. Akhirnya dia bisa mengharumkan nama Indonesia melalui karyanya.

Perusahaan fashion dunia, Louis Vuitton (LV), meminangnya untuk mendesain koleksi fall and winter 2013-2014.Selain Eko, ada dua seniman terpilih yang terlibat dalam proyek tersebut. Mereka adalah Eine dari Inggris dan El Seed dari Prancis.

Tepatnya Januari lalu, pria kelahiran 4 Juli 1977 itu memperoleh kabar dari manajemen LV di Paris. Melalui surat elektronik pihak LV menyampaikan ketertarikannya terhadap karya Eko. Mereka langsung menawari Eko untuk turut menyumbang karyanya yang diwujudkan dalam produk LV.

"Bahagia sekali mendapat tawaran itu. Tentu itu tidak pernah saya bayangkan," tutur alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta saat ditemui Jawa Pos di kawasan Malioboro, Jogjakarta, Rabu pekan lalu (31/7).

Eko mengaku tidak tahu mengapa pihak LV memilih karyanya menjadi bagian dalam proyek tersebut. Sebab, tidak ada proses seleksi yang harus diikutinya. Begitu mendapat tawaran, dia langsung mengirimkan lukisannya. Apalagi, pihak LV juga tidak menyodorkan tema tertentu kepada Eko. LV benar-benar memberikan kemerdekaan untuk kreativitas sang seniman.

Brand fashion mashur, Louis Vuitton, kepincut pada lukisan karya Eko Nugroho, perupa asal Jogjakarta. Gambar goresan Eko pun dijadikan bagian dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News