Resep Menperin Gairahkan Industri Otomotif di Tengah Pandemi Corona

Resep Menperin Gairahkan Industri Otomotif di Tengah Pandemi Corona
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan adanya pemberian stimulus fiskal, nonfiskal, dan moneter untuk pelaku industri otomotif di dalam negeri, guna menjaga gairah bisnis di tengah pandemi corona.

“Walaupun ada pabrikan otomotif yang terganggu produksinya akibat COVID-19, kami memastikan ketersediaan produk dan suku cadang kendaraan bermotor, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika lewat keterangan resmi, di Jakarta.

Stimulus fiskal itu berupa insentif/relaksasi PPh Pasal 21, 22, 25 selama enam bulan, insentif/restitusi PPN dipercepat selama enam bulan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 23/2020, dan juga memberikan pengurangan bea masuk impor.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, juga telah mengirim surat kepada kepada Menteri Keuangan mengenai usulan Pos Tarif, terkait stimulus jilid II untuk pembebasan bea masuk impor dalam rangka penanganan dampak COVID-19.

“Stimulus nonfiskal diberikan dalam skema penyederhanaan atau pengurangan lartas ekspor dan impor untuk bahan baku, percepatan proses ekspor-impor untuk reputable trader, serta penyederhanaan proses ekspor impor melalui NLE (National Logistic Ecosystem),” paparnya.

Adapun terkait stimulus moneter, diberikan berdasarkan Peraturan OJK Nomor 11 Tahun 2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran COVID-19 dan Relaksasi Program Jaminan pada BPJAMSOSTEK.

Selain itu, Putu menjelaskan, Kemenperin juga aktif melakukan koordinasi dengan industri otomotif untuk menjaring masukan sebagai dasar untuk stimulus lain yang dapat diberikan selanjutnya, sehingga dapat mengurangi beban industri otomotif ketika menghadapi masa pandemi COVID-19.

“Usulan Paket Stimulus Ekonomi untuk sektor industri termasuk industri otomotif telah masuk ke dalam paket stimulus tahap I dan tahap II, dan saat ini sedang dibahas kembali kemungkinan memberikan stimulus baru,” imbuhnya.

Menperin meracik paket resep berupa stimulus fiskal, nonfiskal, dan moneter untuk pelaku industri otomotif di dalam negeri, guna menjaga gairah bisnis di tengah pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News