Reshuffle Dipercepat, Menhan Bakal Dicopot karena Tidak Sehat

Reshuffle Dipercepat, Menhan Bakal Dicopot karena Tidak Sehat
Arsip - Menteri kabinet baru yang ditunjuk oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam perjalanan untuk sesi foto di kediaman resmi Perdana Menteri di Tokyo, Jepang, Rabu (10/11/2021). Foto: ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/HP/sa.

jpnn.com, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bakal mencopot Menteri Pertahanan (Menhan) Nobuo Kishi dalam reshuffle kabinet pekan depan.

Laporan Harian Yomiuri menyebutkan pergantian dilakukan karena mempertimbangkan kondisi kesehatan adik eks PM Jepang Shinzo Abe tersebut.

Kishida mempercepat perombakan kabinet yang semula dijadwalkan pada awal September menjadi pekan depan.

Percepatan jadwal perombakan kabinet itu bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan setelah kebangkitan COVID-19 domestik dan situasi Taiwan yang semakin genting, kata koran itu.

Perombakan itu berlangsung setelah pemerintah koalisi konservatif Kishida meningkatkan mayoritas kursinya di majelis tinggi parlemen dalam pemilihan Juli yang diadakan dua hari setelah kematian Abe.

Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi dan Kepala Sekretariat Kabinet Hirokazu Matsuno di Kabinet, serta Wakil Presiden Partai Demokrat Liberal yang berkuasa Taro Aso dan Sekretaris Jenderal Toshimitsu Motegi kemungkinan akan dipertahankan di posisi mereka, demikian Yomiuri juga melaporkan. (ant/dil/jpnn)

Reshuffle kabinet yang semula hendak dilakukan pada September, ternyata dipercepat jadi pekan depan. Konon, Menhan salah satu yang bakal dicopot


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News