Resmi Dilantik, Bupati Banyuwangi Setel Kenceng

Resmi Dilantik, Bupati Banyuwangi Setel Kenceng
Gubernur Jatim Soekarwo melantik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - ABDULLAH Azwar Anas resmi dilantik oleh Guberner Jatim Soekarwo untuk kembali menjadi orang nomor satu di pemerintahan  Kabupaten Banyuwangi Rabu (17/2). Usai dilantik Anas langsung setel kenceng menggenjot sejumlah program prioritas di daerah yang dipimpinnya. Selain sektor wajib pendidikan dan kesehatan, beberapa sektor prioritas di antaranya pertanian, infrastruktur, pariwisata, dan UMKM.

”Ada beberapa program yang langsung dikebut, terutama infrastruktur, pertanian, pariwisata. Ada program lama yang kami lanjutkan, tapi ada program yang benar-benar baru. Muaranya sama, bagaimana kita bersama-sama membawa Banyuwangi ke arah yang lebih baik,” ujar Anas.

Anas mengatakan, di bidang infrastruktur, tahun ini dilakukan pembangunan dan pemeliharaan 800 kilometer jalan dengan fokus jalan antardesa, jalan usaha tani, aksesibilitas tempat wisata, pelayanan publik, dan fasilitas pendidikan-kesehatan. 

Selain itu, ada pembangunan 13 jembatan baru, terminal pariwisata terpadu, program air bersih, dan penyelesaian terminal hijau Bandara Banyuwangi. 

”Ada juga pembangunan long storage di dua kecamatan untuk menahan limpahan air sungai agar tak langsung terbuang ke laut. Sehingga diharapkan ketika musim hujan sungai tidak kering sekaligus bisa digunakan untuk budidaya perikanan air. Ini sejalan dengan program bidang perikanan lain yait gerakan pengkayaan sumberdaya ikan dengan menyebar ratusan ribu benih ikan di perairan umum agar bisa dimanfaatkan warga,” kata Anas.

Selain infrastruktur fisik itu, Banyuwangi juga belanja infrastruktur teknologi informasi, terutama untuk meningkatkan bandwidth Gunawan mengoptimalkan pelayanan publik. "Tahun ini kami belanja bandwidth yang dialokasikan ke kecamatan-kecamatan. Nanti untuk akses keluar bisa 220 Mbps. Server kami perkuat juga agar pelayanan bisa optimal," imbuhnya.

Anas menambahkan, di bidang pendidikan, program beasiswa Banyuwangi Cerdas terus ditingkatkan untuk membiayai anak-anak muda Banyuwangi berkuliah di berbagai perguruan tinggi. Di bidang kesehatan, tahun ini dilaksanakan peningkatan sarana-prasarana di 13 Puskesmas dan 10 Puskesmas Pembantu. ”Sarana pemeriksanaan dan pengobatan di dua RSUD dan 45 Puskesmas juga dilakukan. Kita juga mengembangkan Puskesmas Plus di empat kecamatan,” kata Anas.

Anas yang terpilih dalam Pilkada 9 Desember lalu dengan perolehan 88,96 persen suara itu juga akan memperkuat sinergi sektor pariwisata dan UMKM dengan membangun stan penjualan UMKM di destinasi-destinasi wisata. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News