Resmi Diluncurkan, Leica M10 Monochrom Dibanderol Ratusan Juta

Resmi Diluncurkan, Leica M10 Monochrom Dibanderol Ratusan Juta
Kamera Leica M10 Monochrom. Foto: The Verge

jpnn.com, JAKARTA - Leica baru saja meluncurkan kamera hitam putih bernama M10 Monochrom. Kamera ini dikatakan memiliki desain dan fitur serupa dengan M10.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (18/1), bodi kamera monokrom tersebut mengusung profil lebih ramping dan konektivitas nirkabel. Dalam hal sensor, Leica menyematkan sensor beresolusi 40MP.

Leica mengatakan, kamera monochrom telah menjadi salah satu kamera digital yang paling kontroversial sejak versi pertama keluar pada 2012 lalu. Kamera digital yang tidak dapat memotret foto berwarna adalah sesuatu yang membuat banyak fotografer berfikir berkali-kali, terutama ketika harga kamera ini hampir USD 10.000 atau sekitar Rp136 juta.

Leica berpendapat bahwa Monochrom menghasilkan gambar hitam-putih yang lebih baik dari pada kamera konversi mulai dari warna, gambar lebih detail, dynamic range lebih baik, dan tampilan unik. Perusahaan ini telah membuktikan bahwa klaim benar dari awal mereka meluncurkan kamera digital hitam-putih.

Dalam hal sensor M10 Monochrom terbaru digadang-gadang yang pertama memiliki sensor unik yang dirancang khusus untuk fotografi hitam putih. Kamera anyar tersebut memiliki rentang sensitivitas ISO 160 hingga ISO 100.000, yang merupakan rentang lebih besar jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Dari sisi desain, M10 Monochrom pada dasarnya adalah M10-P dengan lapisan matte (Leica menyebutnya sebagai black chrome). Kamera tersebut memiliki bodi lebih tipis dari Typ 246 Monochrom sebelumnya.

Tidak ketinggalan pula fitur konektivitas Wi-Fi, shutter yang lebih sunyi, layar sentuh. Kamera ini tidak memiliki fitur perekaman video. Meski M10 Monochrome memiliki fitur lebih minim dari M10-P, kamera baru itu memiliki harga yang tidak jauh berbeda.

Leica menjual M10 Monochrom seharga USD8.285 atau setara Rp113 juta, lebih murah dari M10 yang dijual sekitar USD500 atau setara Rp6,8 juta yang saat ini dijual. (mg9/jpnn)

Kamera hitam putih, Leica M10 Monochrom memiliki desain dan fitur serupa dari pendahulunya, yakni M10.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News