Resmi Kelola Blok Masela, PHE Sudah Berpengalaman

Resmi Kelola Blok Masela, PHE Sudah Berpengalaman
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina. Foto dok PHE

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat energi Inas Nasrullah Zubir menyambut baik pengambilalihan saham Shell pada Blok Masela oleh Pertamina, melalui Pertamina Hulu Energi (PHE).

Sebelumnya, pada 25 Juli 2023 PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina bersama Petronas dipastikan mengambil alih 35 persen saham Shell Upstream Overseas Services Limited (SUOS) di Blok Masela.

Dalam hal ini, PHE dengan porsi 20 persen dan Petronas 15 persen.

Menurut Inas, PHE berpengalaman melakukan eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas laut, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Termasuk soal teknologi, PHE dinilai sangat menguasai.

“Kalau teknologi pengeboran tengah laut enggak masalah lah, itu mereka (PHE) sudah biasa dan sangat menguasai. Jadi teknologi nggak masalah,” ujar Inas.

Dengan mengelola laut lepas termasuk Blok Masela, ke depan PHE akan lebih berpeluang untuk pengerjaan wilayah kerja lain. Tawaran akan semakin banyak, termasuk mengerjakan hal serupa di negara lain.

“Kalau semakin kita kuasai teknologi pengeboran bawah laut, besok Timor Leste bisa pakai kita,” kata Inas.

Dia menegaskan kinerja Pertamina, termasuk PHE sekarang sudah bagus. Untuk itu, tinggal dukungan dari negara saat mengelola Blok Masela.

Dengan mengelola laut lepas termasuk Blok Masela, ke depan PHE akan lebih berpeluang untuk pengerjaan wilayah kerja lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News