Resmi! Malaysia Protes Dicap Anjing oleh Fan Indonesia

Resmi! Malaysia Protes Dicap Anjing oleh Fan Indonesia
FAM. Foto: from fourthofficial

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) resmi melayangkan surat protes ke Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) dan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), terkait insiden nyanyian provokatif fan Indonesia seperti 'Malaysia adalah anjing' dan 'Amirul adalah seekor anjing'.

Seperti dilansir The Star Online, FAM mengklaim, provokasi itu terdengar dalam laga Grup B Piala AFF U-16 antara Malaysia vs Thailand di Gresik, Senin (30/7) kemarin. Dalam laga itu sendiri, Malaysia keok 1-2.

Sebelum Piala AFF U-16 ini, situasi memang cukup panas menyusul pemain Malaysia U-16, Amirul Ashrafiq Hanifah yang mengunggah foto tim di bandara di akun Instagram-nya. Di sana dia menyertakan bendera Indonesia, tapi keliru, terbalik seperti bendera Polandia. Namun Amirul telah meminta maaf atas kesalahannya.

Sekretaris Jenderal FAM Stuart Ramalingam mengatakan bahwa fan Indonesia telah berlebihan. "Tindakan mengirim surat protes ke AFF dan AFC dengan cepat dilakukan sehingga kedua pihak terkait bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan hal yang sama tidak akan terjadi selama pertandingan kami di Grup B, melawan Brunei di stadion yang sama pada hari Jumat," katanya.

"Dalam memastikan bahwa tingkat keamanan tim terjamin, FAM telah memutuskan untuk mengirim anggota exo FAM, ACP Mohd Dali Wahid, yang merupakan pejabat tinggi polisi ke Indonesia, untuk mengevaluasi langkah-langkah keamanan. Jika ditemukan bahwa negara tuan rumah dan penyelenggara menganggap masalah ini ringan, FAM tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang lebih drastis di masa depan," tambahnya. (adk/jpnn)


Malaysia protes setelah terdengar nyanyian Malaysia adalah anjing dalam laga Piala AFF U-16.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News