Respon Ancaman Apindo, Menaker Kirim Tim Mediasi

Respon Ancaman Apindo, Menaker Kirim Tim Mediasi
Respon Ancaman Apindo, Menaker Kirim Tim Mediasi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) gerak cepat menanggapi ancaman walk out Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dari Dewan Pengupahan Daerah (DPD) Bekasi dan Sukabumi.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri telah mengirim tim untuk melakukan mediasi dengan pihak Apindo.

"Saya  minta Direktorat Pembinaan Hubungan Industrial untuk berkomunikasi dengan pihak Apindo, terkait persoalan substansi termasuk soal proses pembahasannya," ujar Hanif saat ditemui di kantornya, kemarin (17/11).

Selain akan menemuhi perwakilan para pengusaha, tim mediasi juga akan bertemu dengan pemerintah daerah (Pemda) masing-masing daerah untuk melakukan hal yang sama.

Hanif sendiri berharap dengan komunikasi yang dijalin, akan ditemukan titik temu yang baik untuk semua pihak tanpa harus adanya aksi mundur dari pihak pengusaha. "Tim sudah bergerak, tapi memang saya belum mendapat updatenya," pungkasnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Humas Kemenaker Suhartono memberikan sedikit gambaran tentang rencana pengalihan masalah kesejahteraan buruh atau pekerja yang hanya terfokus pada besaran upah minimum provinsi (UMP) ataupun upah minimum kota/ kabupaten (UMK).  

Salah satunya adalah melalui sejumlah insentif atau tunjangan yang bisa diberikan oleh perusahaan untuk pekerja mereka. "Misalnya terkait kesehatan, lalu tunjungan-tunjangan lain. Kita juga akan dorong perusahaan memberian tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja. Jadi kalau diakomodir oleh perusahaan, biaya sewa rumah atau transport ke kantor yang selama ini memakan jatah cukup besar bisa berkurang," urai Tono.

Untuk memperlancar niatan tersebut, imbuhnya, pihaknya tengah menyusun beberapa regulasi. Namun sayangnya, ia belum dapat memastikan kapan regulasi itu akan selesai dikerjakan.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) gerak cepat menanggapi ancaman walk out Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dari Dewan Pengupahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News