Sabtu, 24 Agustus 2019 – 12:28 WIB

Respons Fahri Hamzah Terkait Polemik Taruna Akmil Enzo

Rabu, 14 Agustus 2019 – 21:58 WIB
Respons Fahri Hamzah Terkait Polemik Taruna Akmil Enzo - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah angkat bicara soal polemik taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zens Allie yang dituding terpapar radikalisme karena memegang bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Untuk diketahui, TNI akhinya tetap meloloskan Enzo sebagai taruna.

“Dalam perjalanan kembali, meninggalkan Tanah Suci, di Jeddah saya terus terpikir tentang #enzozenzallie yang saya tidak kenal. Tetapi karena saya pernah menjadi panja UU Imigrasi yg senapas dengan UU Kewarganegaraan, saya ingin sedikit memberi catatan,” kata Fahri memulai cuitannya di akun Twitter, @Fahrihamzah, sebagaimana dilihat JPNN.com, Rabu (14/8).

Fahri mengaku tidak kenal Enzo, tetapi mengenal Clovis. Menurut dia, mereka sama-sama berdarah campuran. Ibunya Indonesia, ayahnya Prancis. Fahri kenal ayah Clovis, Rene, dan istrinya Julie, saat menjadi ketua Panitia Kerja UU Imigrasi.

Saat itu, Fahri mengenal dan belajar banyak dari warga negara Indonesia yang menikah dengan WN asing. Lalu, kata dia, lahirlah anak-anak mereka yang memiliki keunikan secara fisik.

“UU kewarganegaraan dan UU Imigrasi melalui panja @DPR_RI mengadakan dengar pendapat dgn mereka,” ujarnya.

Lalu, lanjut Fahri, UU memberikan pilihan kepada mereka setelah umur 18 tahun mau memilih menjadi WNI atau WNA, karena Indonesia tidak menganut kewarganegaraan ganda (dual citizenship). “#enzozenzallie dan Clovis telah memilih menjadi WNI. Sesuatu yg hebat,” tegas Fahri.

“Mengapa ini hebat? Karena menjadi warga negara Prancis adalah warga negara yg penuh kemudahan dan jaminan. Satu yang pasti, passport anda akan menjadi passport yang mendapat kemudahan visa ke seluruh dunia. Juga mendapat “baik sangka” sebagai warga dunia kelas satu,” tambahnya.

Dia menambahkan takdir mengantarkan mereka menjadi anak dari pernikahan campuran warga negara. Bahkan juga berbeda agama. Clovis beragama Katolik dan Enzo tampaknya beragama Islam. Enzo berpendidikan dasar di Prancis dan Clovis menempuh pendidikan lanjutan di sana. Keduanya WNA.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar