Retakan Baru Kilauea Ciptakan Sungai Api

Retakan Baru Kilauea Ciptakan Sungai Api
Retakan Baru Kilauea Ciptakan Sungai Api
HONOLULU – Gunung berapi di Hawaii, Kilauea, Senin (8/3) waktu setempat meletus setelah adanya retakan baru yang membuka kubah magma. Retakan baru di gunung berapi di Big Island, itu menyemburkan lava pijar berwarna merah-oranye ke langit dan menciptakan sungai api.

Letusan didahului sebuah retakan baru yang terbuka pada Sabtu (5/3) lalu, sehingga menciptakan letusan spektakuler dan destruktif. Kilauea adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia.

Didorong oleh gas, letusan lava terlihat mencapai ketunggian 100 kaki pada Minggu. "Letusan celah memang menarik karena anda dapat melihat percikan lava dari retakan tanah yang mencapai ketinggian yang mengesankan," ujar vulkanolog Janet Babb seperti dikutip Associated Press. "Ini bukan sesuatu yang kita lihat setiap hari, sehingga menimbulkan banyak kehebohan," imbuhnya.

Kilauea adalah kata dalam bahasa Hawaii yang berarti memuntahkan atau banyak menyebarkan. Kilauea telah meletus secara konstan sejak 3 Januari 1983. Letusan terbaru ditemukan oleh ahli geologi beberapa saat setelah jembatan di dasar kawah O"o yang Pu"u runtuh Sabtu sore lalu.

HONOLULU – Gunung berapi di Hawaii, Kilauea, Senin (8/3) waktu setempat meletus setelah adanya retakan baru yang membuka kubah magma. Retakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News