Revitalisasi Rusunawa Tingkatkan Ketersediaan Hunian

Revitalisasi Rusunawa Tingkatkan Ketersediaan Hunian
Rusunawa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Revitalisasi rumah susun sewa sederhana (rusunawa) dinilai salah satu solusi meningkatkan ketersediaan hunian di Jakarta.

"Dengan revitalisasi rusunawa, maka makin banyak warga yang tidak mampu akan tertampung," kata pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta Yayat Supriatna di Jakarta belum lama ini.

Menurut dia, penghuni yang selama ini memperoleh keuntungan dengan tinggal di rusunawa mestinya tidak mementingkan diri sendiri.

"Masih banyak warga kurang mampu lainnya yang membutuhkan rusunawa. Bisa juga nantinya untuk memenuhi kebutuhan keluarga penghuni rusunawa sendiri. Misalnya, anaknya bisa menyewa di tempat yang baru sehingga tidak tinggal berdesak-desakan," katanya.

Selain itu, lanjut Yayat, revitalisasi bertujuan meningkatkan kualitas bangunan rusunawa.

Dengan begitu, penghuni pun akan merasakan hidup yang lebih baik.

"Jangan sampai kualitas rusunawa, malah menurun menjadi kumuh. Berbahaya juga kalau suatu bangunan sudah terlalu lama digunakan. Mungkin tidak terlihat, namun sebenarnya kualitas bangunan sudah menurun dan berbahaya bagi penghuninya," kata Yayat.

Dia menambahkan, penghuni lama pun dijamin akan kembali dan menempati bangunan baru dengan kualitas lebih baik tanpa harus mengeluarkan biaya.

Revitalisasi rumah susun sewa sederhana (rusunawa) dinilai salah satu solusi meningkatkan ketersediaan hunian di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News