RI Dapat Pasokan Terbesar Gas Natuna

Thailand Berkomitmen Percepat Pengembangan

RI Dapat Pasokan Terbesar Gas Natuna
RI Dapat Pasokan Terbesar Gas Natuna
JAKARTA - Proyek pengembangan gas di blok East Natuna yang sempat menemui hambatan mulai menemui titik terang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kemarin menerima Menteri Energi Thailand Pongsak Ruktapongpisal dan CEO PTT Exploration & Production Tevin Vongvanich untuk membahas pengembangan blok di wilayah provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, perkembangan proyek eksplorasi di East Natuna terus didorong agar terealisasi secepatnya. "Kebetulan, PTT adalah salah satu perusahaan dalam perusahaan konsorsium East Natuna. Mereka sudah setuju bahwa nanti mayoritas pasokan untuk Indonesia. Sedangkan Thailand akan mendapatkan sebagian," ungkapnya di Jakarta, Jumat (17/5).

Dia menegaskan, proyek East Natuna sangat penting bagi pengembangan kinerja gas Indonesia. Sebab, cadangan gas pada blok ini terhitung cukup besar.

Dia menjelaskan potensi pasokan gas pada blok yang terletak di lautan Natuna tersebut diperkirakan bisa mencapai 212 triliun kaki kubik (TCF). Hanya saja, 75 persen dari pasokan tersebut merupakan CO2. Sehingga, sumber yang diprediksi bisa didapat ada sekitar 45 TCF.

JAKARTA - Proyek pengembangan gas di blok East Natuna yang sempat menemui hambatan mulai menemui titik terang. Kementerian Energi dan Sumber Daya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News