RI-Hong Kong Pererat Kerja Sama Pendidikan

RI-Hong Kong Pererat Kerja Sama Pendidikan
RI-Hong Kong Pererat Kerja Sama Pendidikan

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Hong Kong mempererat kerjasama bidang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, di antaranya sekolah sister dan pertukaran mahasiswa.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh usai menerima Menteri Pendidikan Hong Kong Eddie Ng Hak-kim, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Selasa (17/12) siang.

“Kerja sama termasuk program gelar ganda, visitasi profesor, dan penelitian. Kolaborasi dengan Hong Kong penting dan saya sangat terbuka untuk mempercepat kerja sama ini,” kata Mendikbud M.Nuh.

Kerja sama ini akan dipayungi dengan nota kesepahaman (MoU), kerja sama antarinstitusi dalam hal ini antaruniversitas dan antarsekolah, serta kerjasama people to peole antara masyarakat Hong Kong dan masyarakat Indonesia. “Kerja sama dimulai awal tahun depan sebelum tahun pelajaran baru,” jelas Menteri asal Jawa Timur itu.

Mendikbud menyampaikan, setiap tahun terdapat sebanyak 5-6 ribu mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri dengan beasiswa dari pemerintah. Kerjasama, kata dia, telah dilakukan dengan negara-negara di kawasan Eropa dan Hong Kong sebagai negara tetangga.

Hong Kong telah menerapkan wajib belajar 12 tahun dan akan memasuki wajib belajar 15 tahun. Nah, dalam pertemuan hari ini Mendikbud kedua negara juga membahas kerjasama terkait kurikulum.

Menteri Pendidikan Hong Kong Eddie Ng Hak-kim mengatakan, pihaknya mengundang lebih banyak pelajar untuk melanjutkan kuliah di Hong Kong. Kerja sama ini  dimungkinkan juga untuk pertukaran guru dan pengembangan kapasitas guru termasuk transfer pengetahuan.

“Jumlah pelajar asing yang sekolah di universitas di Hong Kong meningkat dari sepuluh persen menjadi 20 persen,” katanya.  Sehari sebelum melakukan audiensi dengan Mendikbud, Menteri Pendidikan Hong Kong dan rombongan mengunjungi SMA 8 Jakarta dan Universitas Pelita Harapan bersama dengan 120 pelajar SMA dari Hong Kong.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Hong Kong mempererat kerjasama bidang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, di antaranya sekolah sister dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News