RI Komitmen Menyukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

RI Komitmen Menyukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, PARIS - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan komitmen penuh Indonesia dalam menyukseskan tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Pemerintah Indonesia memberikan perhatian penuh pada upaya peningkatan akses pada layanan pendidikan yang berkualitas sebagai langkah penting dalam menyukseskan semua tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan di sektor pendidikan. Sebanyak 72,3 persen anak Indonesia telah mengikuti pendidikan anak usia dini. Di awal tahun ini, Indonesia dianugerahi penghargaan UNESCO untuk Pendidikan Perempuan dan Wanita, atas programnya yang dianggap luar biasa dalam pengarusutamaan gender,” kata Menteri Muhadjir saat sambutan pada Sidang Umum The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) ke-39 di Paris, Prancis, Kamis (2/11).

Dia melanjutkan angka partisipasi untuk Sekolah Dasar sudah mencapai lebih dari 100 persen, dan tingkat putus sekolah telah turun menjadi 0,26 persen. Sementara, tingkat melek huruf generasi muda telah mencapai hampir 100 persen.

“Ini adalah hasil dari 'Program Indonesia Pintar', sebuah kebijakan yang menjamin setiap anak dari keluarga miskin dan rentan miskin dapat melanjutkan pendidikan sampai minimal mengenyam pendidikan menengah,” jelas Muhadjir.

Terkait upaya menghadapi bonus demografi, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengungkapkan langkah strategis Indonesia merevitalisasi kurikulum nasional, dengan mengintegrasikan karakter, kompetensi dan literatur, untuk membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21.(esy/jpnn)


Muhadjir Effendy menyatakan komitmen penuh Indonesia dalam menyukseskan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News