RI Produsen Tuna Terbesar Dunia

RI Produsen Tuna Terbesar Dunia
RI Produsen Tuna Terbesar Dunia. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Posisi geografis yang diapit dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia sebagai habitat yang sangat cocok bagi ikan tuna. Data produksi beberapa tahun terakhir menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil tuna terbesar dunia, bersaing dengan Thailand.

"Rata-rata produksi tuna dan sejenisnya seperti cakalang dan tongkol mencapai lebih dari 1,1 juta ton pertahun dengan nilai perdagangan sekitar Rp 40 triliun. Permintaan pasar yang besar dan harga yang tinggi membuat produksi tuna kian menjadi primadona," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti saat bertemu Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) di kantornya kemarin (27/11).

Berdasarkan data FAO melalui State of World Fisheries and Aquaculture (SOFIA) 2014, sekitar 6,8 juta metrik ton berbagai jenis tuna ditangkap di seluruh dunia. Dari jumlah itu, sekitar 4,5 juta ton merupakan jenis albacore, bigeye, bluefin, skipjack dan yellowfin.

"Secara global Indonesia berhasil memasok lebih dari 16 persen dari total produksi tuna yang diperdagangkan dunia," ungkapnya.

Namun begitu, Indonesia kini tengah menghadapi tantangan baru. Eksploitasi besar-besaran terhadap ikan tuna berdampak buruk terhadap kelangsungan habitat tuna di masa mendatang.

Dampaknya mulai terasa seperti menurunnya produktivitas, ukuran tuna yang dihasilkan cenderung mengecil, dan daerah penangkapan ikan yang semakin jauh ke laut lepas.

"Imbasnya tentu ke penghasilan nelayan," tuturnya.

Meski belum genap satu bulan memimpin KKP, Susi telah mengeluarkan berbagai langkah kebijakan dengan mengurangi kapasitas penangkapan. Di antaranya, melalui pencabutan izin kapal-kapal ikan yang beroperasi dan terindikasi melakukan kegiatan ilegal, unreported, unregulated (IUU) fishing.
Susi juga mengeluarkan aturan moratorium izin penangkapan ikan baru, untuk memberikan kesempatan berbagai jenis ikan berkembang biak.

JAKARTA - Posisi geografis yang diapit dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia sebagai habitat yang sangat cocok bagi ikan tuna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News