RI - Tiongkok Gelar Pameran Budaya Bersama

RI - Tiongkok Gelar Pameran Budaya Bersama
RI - Tiongkok Gelar Pameran Budaya Bersama
JAKARTA—Museum Nasional Indonesia yang berada dibawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bersama dengan Museum Nasional Guangxi, China menggelar pameran Museum Nasional 2011 di  Jakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenbudpar, Wardiyatmo mengatakan, pameran yang  mengusung tema Color of Uniqueness digelar untuk memberikan informasi dan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai beragamnya khasanah budaya bangsa Indonesia yang diperkaya oleh unsur-unsur budaya Tionghoa.

“Kami ingin memberikan gambaran kepada masyarakat umum, tentang sejarah masuknya bangsa China di wilayah nusantara. Bahkan, kami juga akan menjelaskan tentang peninggalan arkeologis dari masa prasejarah hingga masa klasik yang mengandung unsur – unsur budaya China di Indonesia,” ungkap Wardiyatmo di dalam acara pembukaan pameran Color of Uniqueness di Museum Nasional, Jakarta, Senin (25/4).

Wardiyatmo—mewakili Menbudpar karena berhalangan hadir tersebut menyebutkan, pameran yang akan berlangsung sejak 25 April – 31 Mei 2011 tersebut akan memamerkan sekitar 200 buah kolekso yang berasal dari Museum Nasional Indonesia (106 buah koleksi) dan Museum nasional Guangxi (92 buah koleksi) dan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan (2 buah koleksi).

“Kami juga akan memberikan penjelasan mengenai akulturasi China dalam budaya di Indonesia yang terdapat pada kain/tekstil tradisional Nusantara. Misalnya pada batik pesisir, seni kriya, arsitektur, seni ukir, seni pertunjukan dan keramik China, serta gambaran tentang unsure budaya China yang mewarnai kehidupan social masyarakat Indonesia,” tukasnya.

JAKARTA—Museum Nasional Indonesia yang berada dibawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bersama dengan Museum Nasional Guangxi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News