Ribuan Pemudik Terlantar di Pelabuhan Sampit

Ribuan Pemudik Terlantar di Pelabuhan Sampit
LELAH MENUNGGU: Calon penumpang KM AWU tujuan Semarang beristirahat di depan Pelabuhan Sampit, kemarin (16/9). Pembatalan pemberangkatan kapal yang dilakukan pihak PELNI semakin menambah beban derita mereka. DWI CIPTA CAHYADI/RADAR SAMPIT
SAMPIT- Penumpang terlantar masih saja terjadi di saat mudik lebaran. Kali ini terjadi di pelabuhan Sampit.Sekitar 2500an penumpang KM Awu tujuan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang sejak Rabu  hingga Kamis (17/9) masih  terlantar di sekitar kawasan pelabuhan Sampit.Jadwal mudik bakal tertunda selama dua hari akibat kedatangan kapal dari Pelabuhan Mas Semarang dibatalkan. Menurut Manajer PT Pelni, Zakwan Teguh pembatalan diakibatkan kapal dari Semarang masih mengalami gangguan teknis. Kapal itu masih berada di sebuah muara. Namun Teguh enggan menyebut muara yang dimaksud.

”Keberangkatan terpaksa kami batalkan karena kapal batal datang karena ada gangguan teknis. Mengenai penumpang yang menunggu, PT.Pelni yang akan menanggungnya dan bagi yang membatalkan tiket uangnya dikembalikan 100 persen,” ujarnya sambil berlalu pergi.Sementara untuk penumpang yang masih rela menunggu, PT.Pelni kemarin membagikan uang makan masing-masing sebesar Rp.20ribu. Untuk istirahat, para penumpang sementara ditampung dengan menggunakan tenda TNI di lokasi terminal taksi pelabuhan.

Sebagai ganti pembatalan tersebut Zakwan mengatakan pada tanggal 18 September  nanti PT. Pelni akan mendatangkan tiga kapal sekaligus termasuk KM Awu dan dua kapal cadangan lainnya, untuk tujuan Semarang. Jam kedatangan  tiga kapal tersebut yakni dijadwalkan pukul 07.00 Wib, pukul 10.00 Wib dan pukul 14.00 wib.

Sementara itu ribuan penumpang yang terlantar tersebut, sejak diumumkannya pembatalan terlihat antri satu persatu di depan pintu masuk kantor PT. Pelni. Sedangkan sebagian penumpang lainnya yang tidak mengantri, terlihat berkeliaran serta istirahat di emperan sejumlah bangunan yang ada di pinggir jalan.

SAMPIT- Penumpang terlantar masih saja terjadi di saat mudik lebaran. Kali ini terjadi di pelabuhan Sampit.Sekitar 2500an penumpang KM Awu tujuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News