Ribuan Pemudik Tiba di Belawan

Ribuan Pemudik Tiba di Belawan
Ribuan Pemudik Tiba di Belawan

jpnn.com - BELAWAN - Arus mudik lebaran lewat jalur laut diperkirakan terjadi mulai hari ini, Minggu (28/7) di Pelabuhan Belawan. Seribuan pemudik asal Batam, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Priok diperkirakan tiba di Belawan menggunakan jasa KM Kelud.

Untuk tahun ini, PT Pelni belum bisa memastikan adanya penambahan armada kapal untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

"Arus mudik akan terjadi mulai besok (Minggu,red), ada sekitar seribuan lebih penumpang yang akan tiba di Belawan. Cuma data pastinya kita belum tahu, sebab belum ada kiriman data jumlah penumpang dari Pelni pelabuhan asal," kata Halim Pradhana, Kepala PT Pelni Cabang Medan kepada Sumut Pos (Grup JPNN), Sabtu (27/7) kemarin.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, mudik lebaran 2013 ini diperkirakan tak ada tambahan armada kapal dari PT Pelni. Untuk mengantisipasi arus mudik yang tiba atau berangkat, KM Kelud milik perusahaan plat merah ini akan memberikan pelayanan sebanyak 9 trip pelayaran bagi calon penumpang yang akan mudik dari Belawan tujuan Batam, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Priok, Jakarta.

"Sampai saat ini belum ada penambahan armada kapal, hanya KM Kelud yang disiapkan PT Pelni untuk melayani penumpang arus mudik lebaran tahun 2013. Kapal ini akan melayani rute Belawan, Karimun, Batam dan Tanjung Priok Jakarta," terangnya.

Pelayanan arus mudik dari KM Kelud, lanjut dia, akan dimulai pada 27 Juli 2013. Kapal laut komersil ini akan tiba di Belawan, dan kemudian akan kembali berangkat membawa ribuan penumpang dari Belawan menuju rute pelabuhan yang telah ditentukan.

"Jadi KM Kelud tiba di Belawan pada 28 Juli, lalu berangkat tanggal 1 Agustus. Dan 4 Agustus kembali tiba di Belawan. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 7 Agustus 2013, pada saat kapal kembali melakukan pelayaran dari Belawan menuju Batam, Karimun dan Jakarta," ungkapnya.

Guna mengantisipasi meningkatnya animo masyarakat menggunakan jasa kapal laut serta menjaga persediaan tiket, Pelni telah bekerjasama dengan 10 agen biro travel. Selain itu, penjualan tiket juga terdapat di loket Pelni Ujung Baru, Belawan.

BELAWAN - Arus mudik lebaran lewat jalur laut diperkirakan terjadi mulai hari ini, Minggu (28/7) di Pelabuhan Belawan. Seribuan pemudik asal Batam,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News