Ribuan Penari Gandrung Merahkan Pantai Boom Banyuwangi

Ribuan Penari Gandrung Merahkan Pantai Boom Banyuwangi
Ribuan Penari Gandrung Merahkan Pantai Boom Banyuwangi

BANYUWANGI – Perhelatan Festival Gandrung Sewu sukses digelar di Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (29/11). Pertunjukan kolosal ini melibatkan 1.200 penari yang berbusana warna dominan merah menyala. Perpaduan ribuan penari berbusana merah dengan semburat sinar matahari saat terbenam (sunset) di pinggir pantai benar-benar memanjakan mata.

"Acaranya sungguh memikat. Saya kagum Banyuwangi punya pariwisata event berkelanjutan yang bisa menarik minat wisatawan," ujar Putri Pariwisata Syarifah Fajri Mauilidiyah yang juga hadir di Banyuwangi.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Yanuar Bramuda mengatakan, Festival Gandrung Sewu sudah digelar untuk kali ketiga. Tari Gandrung sendiri adalah tari khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai "Warisan Budaya Takbenda" pada tahun lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kini Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah).

"Tahun ini, Festival Gandrung Sewu mengambil tema "Seblang Subuh" yang bermakna permohonan ampun kepada yang maha kuasa," ujarnya.

BANYUWANGI – Perhelatan Festival Gandrung Sewu sukses digelar di Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (29/11). Pertunjukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News