Ribuan Personel Polwil se-Indonesia akan Dimutasi

Ribuan Personel Polwil se-Indonesia akan Dimutasi
Ribuan Personel Polwil se-Indonesia akan Dimutasi
JAKARTA - Ribuan personil Polri yang berdinas di Kepolisian Wilayah (Polwil) di Indonesia, tahun ini akan dimutasi. Mereka akan diperbantukan ke satuan lainnya, terutama di Polres dan Polsek setempat. Alasannya adalah karena kesatuan mereka akan dilikuidasi, menyusul rampungnya rencana program restrukturisasi organisasi Polri.

"Akan ada restrukturisasi organisasi, salah satu konsepnya (adalah) melikuidasi Polwil," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen (Pol) Edward Aritonang, di Mabes Polri, Jumat (12/2) siang.

Menurut Edward, likuidasi Polwil ini merupakan tuntutan Undang-undang Kepolisian tentang penyesuaian struktur organisasi polri dengan struktur pemerintahan. Di mana di situ disebutkan bahwa Polri setara (dengan) Kementerian, Polda setara Pemda Provinsi, sementara Polres dan Polsek setara Kabupaten dan Kecamatan. Sementara untuk Polwil yang dulu diadaptasi dari sistem keresidenan akan dihilangkan, mengingat tak ada lagi sistem keresidenan di republik ini.

"Untuk keberadaan Polwil, memang tidak ada lagi padanannya dalam sistem pemerintahaan daerah yang dulu mengadopsi keresidenan," tambah Edward.

JAKARTA - Ribuan personil Polri yang berdinas di Kepolisian Wilayah (Polwil) di Indonesia, tahun ini akan dimutasi. Mereka akan diperbantukan ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News