Ribuan Peserta Gowes Nusantara 2019 Pertama Dilepas di Padang

Ribuan Peserta Gowes Nusantara 2019 Pertama Dilepas di Padang
Suasana Gowes Nusantara 2019 di Padang, sumatera Barat. Foto: kemenpora

jpnn.com, PADANG - Program unggulan Kemenpora Gowes Nusantara 2019 resmi di mulai dari Kota Padang, Sumatera Barat. Tak tanggung-tanggung, 10 ribu lebih peserta ambil bagian dalam kampanye Ayo Olahraga ini.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta didapuk untuk mengibarkan bendera start.

Sebelum itu, dia sempat berpesan agar masyarakat dapat membudayakan sepeda mulai dari pelajar yang berangkat sekolah sampai pekerja yang lebih baik bersepeda menuju tempat bekerja.

"Artinya jika lebih banyak sepeda yang digunakan masyarakat akan dapat menciptakan udara yang segar dan polusi udara akibat kendaraan bermotor bisa dikurangi. Udara segar dan badan pun sehat," katanya, di Padang, Minggu (31/3)

Isnanta menyebut Padang memiliki banyak komunitas sepeda. Hal ini terlihat dalam Gowes Nusantara 2019, yang mengenakan seragam komunitas sepedanya. Artinya dengan dipilih Padang sebagai garis start Gowes Nusantara 2019, adalah hal yang tepat.

"Jadi setelah start di Padang, maka untuk puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September," tegas dia.

Selain itu, Kemenpora juga menyosialisasikan adanya prohram pendamping Gowes Nusantara, yakni Gowes Jelajah Nusantara yang melibatkan 20 orang pesepeda.

Mereka nantinya akan melakukan touring, mengayuh sepeda dari daerah paling ujung di Timur Indonesia (Papua) mulai dari Merauke, Jayapura, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur.

Program unggulan Kemenpora Gowes Nusantara 2019 resmi di mulai dari Kota Padang, Sumatera Barat. Tak tanggung-tanggung, 10 ribu lebih peserta ambil bagian dalam kampanye Ayo Olahraga ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News