Ridwan-Uu Menang, Ade Otomatis Jadi Bupati Tasikmalaya

Ridwan-Uu Menang, Ade Otomatis Jadi Bupati Tasikmalaya
Ridwan Kamil (kiri) bersama Uu Ruzhanul Ulum. Foto for jpnn

jpnn.com, SINGAPARNA - Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dipastikan otomatis naik menjadi bupati apabila pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) menang di Pilgub Jabar 2018.

Sesuai hasil quick count sejumlah hasil survei menyatakan pasangan Ridwan-Uu menang dibanding tiga calon lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd mengatakan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Ketika ada kepala daerah yang maju pada pesta demokrasi dan menang. Otomatis wakilnya diangkat langsung menjadi kepala daerah.

“Jadi langsung otomatis itu wakil bupati akan dilantik jadi bupati. Ya kalau Pak Uu resmi terpilih menjadi wakil gubernur, Pak Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto naik jadi bupati,” kata Kodir kepada Radar, Rabu (27/6).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat SE MM membenarkan apabila kepala daerah menang pada pesta demokrasi otomatis wakilnya akan menggantikan posisinya. “Itu sudah tertuang dalam PKPU dan pengangkatan secara otomatis,” bebernya.

Sementara itu, pada pemungutan suara Pilgub Jabar 2018, Wakil Bupati Tasikmakaya H Ade Sugianto memilih di TPS 1 Desa Singaparna. Kemudian melanjutkan monitoring ke KPU dan beberapa TPS di Kecamatan Singaparna.

“Kita ingin pastikan pemungutan suara berjalan dengan lancar. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala dan pemungutan suara di Kabupaten Tasikmalaya berjalan lancar,” terangnya.

Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dipastikan otomatis naik menjadi bupati apabila pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) menang di Pilgub Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News