Rilis Harmony OS, Huawei Siap Tinggalkan Android

Rilis Harmony OS, Huawei Siap Tinggalkan Android
Sistem Harmony OS. Foto: Androidauthority

jpnn.com, JAKARTA - Huawei baru saja meluncurkan sistem operasi Harmony OS versi beta untuk para penggunanya. Dengan peluncuran OS terbaru ini makin memantapkan Huawei untuk meninggalkan sistem operasi Android.

Beberapa bulan lalu, Huawei memang mengalami masalah cukup berat akibat diberi sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Amerika Serikat, salah satunya ialah tidak bisa mengakses ke Android dan Google Mobile Service (GMS).

Namun, perusahaan asal Tiongkok itu berusaha terus membangun ekosistem alternatif yakni Huawei Mobile Services (HMS).

Dikutip dari Xda-developers, Rabu (16/12), Harmony OS secara resmi diluncurkan satu setengah tahun yang lalu, bersamaan peluncuran smart TV Honor Vision sebagai perangkat pertama dengan sistem operasi besutan sendiri.

Pada gelaran Huawei Developer Conference 2020 awal tahun ini, Huaweri berkomitmen untuk memperluas HarmonyOS ke perangkat selain smartphone dan tablet.

Huawei mengatakan, Harmony OS 2.0 hadir lebih dari 15.000 API untuk mendukung pengembangan di seluruh smartphone, wearable, perangkat layar dan berbagai perangkat pintar lainnya.

Untuk menjajal OS baru itu, Anda bisa mencoba emulator di Huawei DevEco Studio IDE (versi 2.0 Beta 3) dari situs web resmi Harmony OS, atau dapat mendaftar untuk menerima OTA pada perangkat Huawei yang didukung untuk bermigrasi ke Harmony OS 2.0 beta.

Setelah pendaftaran disetujui, Anda akan menerima undangan dari Huawei dengan instruksi tentang cara menginstal perangkat software tersebut diperangkat mereka. (ddy/jpnn)

Setelah meluncurkan versi beta Harmony OS, Huawei makin mantap meninggalkan sistem operasi Android.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News