Rima Aktif Kampanye Kanker Payudara

Rima Aktif Kampanye Kanker Payudara
KAMPANYE - Rima Melati saat ditemui dalam acara Jhonny Andrean Award di JCC, Jakarta. Foto: Fedrik Tarigan/Indopos.
JAKARTA - Dalam usianya yang sudah tidak muda lagi, aktris senior Rima Melati masih terlihat cantik dan energik. Bahkan, aktris yang usianya menginjak 71 tahun tersebut aktif mengampanyekan kesehatan kanker payudara. Itu dilakukan di bawah bendera Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) yang didirikan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar pada 2000.

Bukan tanpa alasan Rima getol menyosialisasikan pentingnya deteksi dini terhadap kanker payudara kepada masyarakat. Peraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) 1973 tersebut, berharap agar masyarakat waspada atas bahaya kanker payudara yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

"Deteksi dini sangat penting. Apalagi bagi wanita yang menginjak usia 35 tahun. Sebab, peluang sembuh lebih besar daripada (yang) stadium lanjut," kata Rima kepada IndoPos (Jawa Pos Group) kemarin (12/10).

Deteksi dini yang dimaksud Rima adalah melalui pemeriksaan payudara mandiri (sadari). Pemeriksaan itu bisa dilakukan rutin setiap hari dengan meraba apakah ada benjolan di bagian dada. "Kalau kita lagi mandi, begitu badan disabuni, sekalian diraba di sekitar area tersebut, ada benjolan atau tidak. Kalau ada, langsung periksa ke dokter," tutur pemilik nama asli Marjolien Tambajong atau Lientje Tambajong itu.

JAKARTA - Dalam usianya yang sudah tidak muda lagi, aktris senior Rima Melati masih terlihat cantik dan energik. Bahkan, aktris yang usianya menginjak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News