Rini Kerahkan Anak Buah Lakukan Survei Lahan Food Estate di Indonesia Timur

Rini Kerahkan Anak Buah Lakukan Survei Lahan Food Estate di Indonesia Timur
Rini Kerahkan Anak Buah Lakukan Survei Lahan Food Estate di Indonesia Timur

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menjajaki kawasan pertanian pangan (food estate) yang cukup luas di Papua. Langkah itu dilakukan untuk menciptakan swasembada pangan  yang menjadi target Presiden Joko Widodo.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, anak buahnya sudah lebih dulu ke Papua untuk melakukan survei. Setelah itu, Rini pada pekan depan akan bertandang ke Papua.

"Jadi, tim sudah ke sana melakukan survei lahan. Saya rencananya akhir minggu depan ke sana untuk melihat kemungkinan itu. Kami sedang memikirkan bagaimana bisa mengembangkan area yang besar dengan memulai membangun pertanian di sana," kata Rini saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/4).

Menteri perindustrian dan perdagangan di era Kabinet Gotong Royong itu menambahkan, nantinya kawasan food estate di Papua itu akan ditanami beberapa jenis tanaman. Namun, kata Rini, pengembangan food estate tidak hanya dikhususkan di Papua. Karenanya, Kementerian BUMN juga menjajaki beberapa wilayah di kawasan Indonesia Timur untuk food estate.

‎"Kami melihat di beberapa tempat pengembangan food estate seperti di Merauke. Kami juga harus membuat alternatif-alternatifnya bagaimana. Kami bisa mencapai tujuan untuk swasembada pangan di beberapa tempat. Baik di jagung, beras, kedelai atau gula," jelasnya.

Mengenai skema pengembangannya, food estate bakal melibatkan warga sekitar. Hanya saja untuk luas lahan dan besarnya biaya yang akan digunakan untuk mengembangkan food estate ini, Rini masih enggan mengungkapkannya.(chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menjajaki kawasan pertanian pangan (food estate) yang cukup luas di Papua. Langkah itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News