Rishi Sunak

Dhimam Abror Djuraid

Rishi Sunak
Pemimpin baru Partai Konservatif Inggris Rishi Sunak melambaikan tangan di London, Inggris, Senin (24/10/2022). Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Elizabeth Truss. ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls/rwa.

jpnn.com - Inggris mencatat sejarah baru dengan terpilihnya Rishi Sunak sebagai perdana menteri Senin (24/10) menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri pekan lalu.

Truss yang hanya menjabat selama 45 hari mencatat rekor sebagai PM Inggris dengan masa jabatan terpendek abad ini.

Sunak mencatat rekor sebagai perdana menteri pertama Inggris yang lahir dari keluarga India.

Sunak tidak dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum, tetapi dipilih oleh koleganya dari Partai Konservatif.

Dalam tradisi sistem politik parlamenter Westminster Inggris, perdana menteri yang mengundurkan diri sebelum masa jabatannya habis akan diganti oleh perdana menteri dari partai yang sama oleh anggota parlemen separtainya sendiri, terutama kalau partai itu mempunyai anggota parlemen mayoritas.

Partai Konservatif sedang gonjang-ganjing dalam setahun terakhir karena kebijakan ekonominya dinilai merusak kehidupan rakyat.

Sekarang ini Inggris dilanda kemerosotan ekonomi yang parah sehingga memunculkan banyak pengangguran, dan banyak orang yang jatuh miskin sampai sulit memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Akibat kondisi ekonomi yang buruk itu dalam setahun ini Inggris harus berganti perdana menteri dua kali.

Rishi Sunak terpilih sebagai PM Inggris menggantikan Liz Truss. Apakah Rishi akan mengukir sejarah atau sekadar menumpang lewat? Waktu yang akan membuktikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News