Risma Beber Alasan Perlunya Kemensos Bangun Command Center Seperti di Surabaya

Risma Beber Alasan Perlunya Kemensos Bangun Command Center Seperti di Surabaya
Mensos Tri Rismaharin mengajak pejabat di lingkungan Kemensos melihat keberadaan Command Center 112 di Gedung Sioala, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/11). Foto: Kemensos

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Sosial Tri Rismaharini ingin menghadirkan layanan command center sebagai terobosan untuk mempercepat penanganan berbagai persoalan sosial.

Dia meyakini dengan sistem layanan seperti yang telah diterapkan Pemerintah Kota Surabaya akan membuat penanganan berbagai masalah masyarakat yang selama ditangani Kemensos lebih maksimal.

“Nantinya setiap laporan yang masuk ke command center akan diteruskan ke dirjen terkait. Misal masalah bantuan sosial akan cepat ditangani sehingga masyarakat tidak terombang ambing, karena kan ada kepastiannya,” ujar Mensos Risma saat mengajak pejabat Kemensos mengunjungi Command Center 112 di Gedung Sioala, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/11).

Risma juga berharap keberadaan command center mempermudah berkoordinasi dalam penanganan bencana.

Dia mengungkapkan selama ini informasi terkait ancaman bencana yang diselalu disampaikan BMKG lebih banyak bergerak di jalur antarlembaga, sedangkan masyarakat relatif tidak mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Akibatnya, ancaman bencana sulit diantisipasi masyarakat.

Karena itu, dia berharap command center juga bisa menjadi jembatan agar masyarakat menjadi bagian dari pola komunikasi dalam penanganan bencana.

“Saya ingin pantauan dari citra satelit bisa tersampaikan ke masyarakat, sehingga ancaman bencana bisa diantisipasi," sarannya.

Mensos Tri Rismaharini menginginkan Kemensos membangun Command Center seperti di Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News