Rizal Ramli: Jangan Anggap Enteng Gerakan Buruh

Rizal Ramli: Jangan Anggap Enteng Gerakan Buruh
Rizal Ramli: Jangan Anggap Enteng Gerakan Buruh
JAKARTA - Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli mengatakan tumpah-ruahnya aksi demo para buruh ke pusat-pusat kekuasaan menunjukkan bahwa saluran formal yang diharapkan bisa memperbaiki kondisi buruh mengalami ketersumbatan permanen.

"Di negara ini, ada pemerintah dan DPR sebagai saluran resmi aspirasi para buruh yang notebene juga rakyat. Tapi karena saluran resmi ini mengalami ketersumbatan permanen, maka aspirasi buruh bersama mahasiswa luber ke pusat-pusat kekuasaan dan wilayah publik," kata Rizal Ramli, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (1/5).

Terjadinya pengalihan saluran aspirasi tersebut, menurut Rizal, tidak bisa dipahami hanya sebagai ritual dari para buruh dan mahasiswa sebab aspirasi yang mereka bawa makin memperlihatkan substansial.

"Pergeseran pergerakan buruh dari semula bersifat instan dan normatif kepada suatu pergerakan politik yang dilakukan bersama mahasiswa merupakan sebuah pergerakan yang cukup siginifikan dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah dimasa datang. Ini jangan dianggap enteng," tegas Rizal Ramli.

JAKARTA - Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli mengatakan tumpah-ruahnya aksi demo para buruh ke pusat-pusat kekuasaan menunjukkan bahwa saluran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News