Rizal Ramli Sebut Enggar Bikin Jokowi Sulit Menang Lagi

Rizal Ramli Sebut Enggar Bikin Jokowi Sulit Menang Lagi
Rizal Ramli. Foto: dok.Jawapos

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mempertanyakan kualitas politikus Partai NasDem Enggartiasto Lukita sebagai menteri perdagangan (Mendag). Menurut Rizal, kiprah Enggar justru bisa menggerus dukungan bagi Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kualitasnya di bawah standar," kata Rizal saat menjadi pembicara diskusi bertema Polemik Impor Beras di Media Center DPR, Jakarta, Kamis (20/9).

Menteri koordinator ekonomi, keuangan dan industri (ekuin) di era Presiden Abdurrahman Wahid itu menjelaskan, Mendag merupakan jabatan strategis. Menurutnya, posisi itu seharusnya diisi sosok mumpuni dengan koneksi luas dan dipercaya dunia internasional.

Rizal lantas membandingkan Enggartiasto dengan dua Mendag di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Mari E Pangestu dan Gita Wirjawan. Rizal menyebut dua Mendag era SBY itu sebagai figur berkualitas mumpuni.

Selain itu, Rizal juga membandingkan Enggar dengan Thomas Lembong yang pernah menjadi Mendag di era Jokowi. Menurut Rizal, kualitas Enggar jauh di bawah tiga mantan Mendag tersebut.

"Kalau Mendag yang sekarang bahasa Inggris-nya saja kampungan," kata Rizal.

Menurutnya, jika Jokowi tetap mempertahankan Enggar sebagai Mendag maka peluangnya memenangi Pilpres 2019 akan makin kecil. Sebab, Enggar justru membuat petani dalam negeri menjerit akibat kebijakannya soal impor beras.

"Saya bicara apa adanya saja. Berat buat Jokowi kalau kondisi seperti ini terus terjadi. Banyak petani dan rakyat yang terus menjerit akibat kebijakan menterinya yang hanya berpikir untuk memburu rente dari kebijakan impor," pungkasnya.(rmol/jpg/JPC)


Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mempertanyakan kualitas politikus Partai NasDem Enggartiasto Lukita sebagai menteri perdagangan (Mendag).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News