Rob Genangi Ratusan Rumah Warga

Rob Genangi Ratusan Rumah Warga
Rob Genangi Ratusan Rumah Warga
    

TANGERANG
-Ratusan warga Desa Dadap Gili, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, terpaksa diungsikan dari tempat tinggal mereka sejak Minggu (3/10) malam lalu.  Pasalnya, tempat tinggal mereka yang berdekatan dengan bibir pantai utara itu diterjang rob dengan ketinggian antara 40 sampai 80 centimeter.   

    

Menurut Neti Satria, warga Desa Dadap Gili RT 1/1, rob yang menerjang rumahnya sudah biasa terjadi setiap tahun, bahkan setiap bulan. Setiap rob datang ratusan warga yang tinggil di bibir pantai utara itu tidak hanya pasrah. Sebab, tanggul penahan air yang dibangun pemerintah daerah setempat tidak dilanjutkan. ”Pokoknya setiap rob datang warga langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” ujar Neti saat ditemui di rumahnya, kemarin.

       

Neti menyatakan  rob mengepung ratusan rumah warga sejak Minggu (3/10) tengah malam - Senin (4/10) pagi hingga  Rabu  (5/10) pagi., setinggi betis hingga paha orang dewasa. Bencana rob terulang kembali seperti tahun-tahun sebelumnya. ”Ketinggian air rob antara 40 hingga 80 centimeter yang mengenangi ratusan rumah warga,” katanya juga.

     

Sementara Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tangerang, Inding Aryadi menyatakan setelah mendapat laporan dari masyarakat pihaknya langsung bergerak cepat. Ratusan warga yang tinggal di bibir pantai utara itu dievakuasi mengunakan perahu karet yang dimiliki Tagana. Tapi, sebagian besar warga yang dievakuasi telah kembali kerumah masing-masing untuk membersihkan rumah setelah rob menyusut kemarin.

     TANGERANG-Ratusan warga Desa Dadap Gili, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, terpaksa diungsikan dari tempat tinggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News