Rombongan ASEAN Lirik Keberhasilan Bank Sampah di Jambangan

Rombongan ASEAN Lirik Keberhasilan Bank Sampah di Jambangan
Sri Murniningtyas, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri KLHK, Dirjen PPKL KLHK M.R. Karliansyah dan jajaran rombongan perwakilan ASEAN. Foto : Ist

jpnn.com, SURABAYA - Jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak para dubes/wakil tetap untuk ASEAN berkunjung ke Kota Surabaya, daerah yang berhasil mengelola sampah dengan baik.

Jajaran KLHK yang mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya mendampingi para tamu ASEAN tersebut.

Di antaranya Dirjen PPI Ruandha Agung Sugardiman, Dirjen PPKL Karliansyah dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Kecamatan Jambangan, yang berada dekat Kali Brantas. Tadinya desa di Jambangan sangat kotor dan penuh sampah. Terutama di pinggiran sungai.

Rombongan ASEAN Lirik Keberhasilan Bank Sampah di Jambangan

Namun, setelah ada Geblak alias Gerakan Balik Kanan untuk membenahi desa, kini Jambangan menjadi sangat bersih, asri dan terawat. Warga di desa itu diajak ikut aktif kegiatan Bank Sampah.

Mereka menabung lewat mengumpulkan sampah dan dikelola bersama sehingga bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi masing-masing.

Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi beserta rombongan dubes lainnya pun dibuat berdecak kagum melihat foto perubahan Jambangan yang dipajang saat kunjungan.

Rombongan ASEAN juga diajak KLHK berkunjung ke Kecamatan Jambangan untuk melihat keberhasilan bank sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News