Ronny Sompie Dicopot Jadi Dirjen Imigrasi, Ini Reaksi Jokowi

Ronny Sompie Dicopot Jadi Dirjen Imigrasi, Ini Reaksi Jokowi
Dirjen Imigrasi Ronny Sompie saat masih bertugas kemarin. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo enggan mengomentari pencopotan Ronny F Sompie sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Saat ditanya awak media di sela-sela kunjungannya di Jawa Barat, pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan bahwa pihak yang berwenang menjawab adalah Menkumham Yasonna Laoly.

"Itu, silakan ditanyakan ke Menkumham," kata Jokowi, Rabu (29/1).

Seperti diketahui, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan pihaknya telah menonaktifkan sementara Ronny F Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

Hal itu untuk mempermudah proses penyelidikan terkait kelalaian sistem tidak mencatat kedatangan Harun Masiku di Indonesia.

"Tim independen sudah kami minta dari Kemenkominfo, BSSN, Cyber Bareskrim Polri dan Ombudsman. Keempat ini mereka untuk melihat. Nah, supaya terjadi hal yang independen dalam penelitian, supaya jangan ada conflict of interest nanti, saya sudah mengfungsionalkan dirjen imigrasi. Dan direktur sisdik, direktur sistem informasi keimigrasian," jelas Yasonna di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Yasonna mengharapkan, tim independen bisa profesional dan objektif dalam bekerja. Dia menginginkan ada hasil yang maksimal untuk menjawab mengapa terjadi delay system dalam pencatatan kedatangan Harun.

Yasonna menerangkan, pelaksana tugas harian Dirjen Imigrasi akan diberikan kepada Inspektur Jenderal Kemenkumham Jhoni Ginting.

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie dicopot dari jabatan terkait kelalaian sistem tidak mencatat kedatangan Harun Masiku di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News