Roy Suryo Salut pada Konsistensi Bang Ruhut

Roy Suryo Salut pada Konsistensi Bang Ruhut
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat melakukan pergantian antar-waktu (PAW) atas dua kadernya di DPR RI. Yakni Ruhut Sitompul dan Ambar Tjahyono.

Sedangkan penggantinya adalah Abdul Wahab Dalimunthe dan Roy Suryo. Ambar digantikan oleh Roy karena pengusaha asal Yogyakarta itu dipecat dari Partai Demokrat.

Sedangkan Ruhut diganti karena memilih mundur dari DPR. Selanjutnya, legislator dari daerah pemilihan Sumatera Utara (Sumut) I itu digantikan oleh Dalimunthe.

Wakil Ketua Umum PD Roy Suryo menyebut PAW atas Ruhut bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, Ruhut memang sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPR dari FPD.

Pengunduran diri itu sudah disetujui Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal PD Hinca Panjaitan. Selanjutnya, ada proses PAW melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU), DPR dan muncul keputusan presiden.

"Saya dalam hal ini mengapresiasi yang bersangkutan (Ruhut) konsisten yang ternyata pengin mundur, kemudian mengajukan surat pengunduran diri," kata Roy usai rapat paripurna DPR di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4).

Meski demikian, Roy menyebut Ruhut masih tetap sebagai kader partai berlambang bintang mercy itu. Sebab, Ruhut belum mengundurkan diri dari partai.

Selain itu, PD juga tak memecat politikus yang dikenal nyentrik itu. "Bapak Ketua Umum Pak SBY itu orang yang sangat demokratis, beliau tidak perlu untuk melakukan pemecatan. Tidak apa-apa," kata Roy.(boy/jpnn)


Partai Demokrat melakukan pergantian antar-waktu (PAW) atas dua kadernya di DPR RI. Yakni Ruhut Sitompul dan Ambar Tjahyono.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News