Rp 102 Miliar untuk Tuntaskan Sambungan MERR

Rp 102 Miliar untuk Tuntaskan Sambungan MERR
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pengerjaan middle east ring road (MERR) akan dilanjutkan kembali setelah terhenti selama dua tahun. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Surabaya menggelontorkan dana Rp 102 miliar untuk menuntaskan sambungan sepanjang 1,6 kilometer di Kecamatan Gunung Anyar. Rencananya, proyek jalan kembar itu tuntas akhir tahun ini.

Jalan sepanjang 16 kilometer tersebut menghubungkan Surabaya-Sidoarjo. Akses itu juga mempersingkat perjalanan menuju Bandara Internasional Juanda karena langsung terhubung dengan tol.

Penyambungan Jl Ir Soekarno tersebut mampu menjadi alternatif pintu masuk ke Surabaya yang selama ini hanya tertumpu pada jalur tengah. Jalan itu juga menyediakan pilihan lain untuk masuk kawasan Madura karena langsung terkoneksi dengan Jembatan Suramadu. Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survei komuter Gerbangkertosusila menyebutkan, saban hari ada 173.132 orang yang masuk Surabaya. Mayoritas mereka lewat jalur tengah kota. Jika MERR tersambung, beban jalan bisa sedikit teralihkan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, jalan itu diprediksi tuntas tahun ini. Pemkot sedang menyusun perencanaan pengembangan kawasan sekitar. "Nanti kawasan itu untuk perdagangan dan jasa," katanya.

Untuk menghindari dampak kemacetan akibat aktivitas tersebut, pihaknya kini menyusun aturannya. Eri mengatakan, di sana banyak ruko. "Agar tidak membuat lalu lintas macet, pintu masuk dan keluarnya akan diatur," jelasnya.

Begitu juga transportasi umum yang tersedia. Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya bersama bappeko masih mengatur pelaksanaan di lapangan. "Karena ini konektivitas antar wilayah, kami rencanakan lebih detail dulu," papar Eri. (gal/c7/ayi) 

Penyambungan Jl Ir Soekarno tersebut mampu menjadi alternatif pintu masuk ke Surabaya yang selama ini hanya tertumpu pada jalur tengah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News