Rp 250 M untuk Promosi Destinasi Baru

Rp 250 M untuk Promosi Destinasi Baru
Rp 250 M untuk Promosi Destinasi Baru
JAKARTA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) terus menggejot pemasukan devisa dari wisatawan mancanegara (wisman). Diantaranya dengan terus mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata baru. Disiapkan anggaran Rp 250 miliar untuk upaya promosi dan pengembangan destinasi pariwisata baru tersebut.

  

Direktur Jendral (Dirjen) Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Sapta Nirwandar menjelaskan, tahun ini Indonesia menetapkan ikon-ikon baru destinasi pariwisata. Yaitu di Bangka Belitung yang dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi. Di tempat ini menyajikan keindahan pesona wisata bahari. Seperti wisata Pulau Lengkuas dan Pantai Tanjung Pesona. Selain itu, di Bangka Belitung juga sudah dikembangkan wisata budaya lain seperti perang ketupat dan ritual Ceng Beng.

Selanjutnya adalah di Pulau Lombok. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati hamparan pasir putih yang menawan. Selain itu juga ada air terjun Sendang dan rumah ada Suku Sasak. Ikon pariwisata baru lainnya adalah di Medan dan Sulawesi Utara. "Semuanya itu akan kami kemas lebih bagus," tandas Sapta di Jakarta.

Ia menerangkan, mulai saat ini sudah menggeber promosi. Selain gencar berpromosi di dalam negeri, Kemenbudpar juga berpromosi ke mancanegara. Seperti ke Australia, Singapura, Malaysia, Inggris, sampai Belanda. Sapta tidak bisa memungkiri, catatan tahun lalu jumlah wisman kalah jauh dibanding dengan wisatawan nusantara (wisnus). Namun, kata dia, perolehan devisa mutlak didapat dari kunjungan wisman. "Kalau yang dibelanjakan wisnus itu kan uang masyarakat kita," kata dia.

JAKARTA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) terus menggejot pemasukan devisa dari wisatawan mancanegara (wisman). Diantaranya dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News