Rp 65 Triliun Mubazir akibat Kemacetan di Jabodetabek

Rp 65 Triliun Mubazir akibat Kemacetan di Jabodetabek
Macet. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan, kemacetan yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) telah menimbulkan kerugian besar di masyarakat. Berdasar hitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), kerugian akibat kemacetan di Jabodetabek mencapai Rp 65 triliun per tahun.

"Saya hanya membayangkan hitungan Bappenas yang saya terima, setiap tahun kita kehilangan Rp 65 triliun di Jabodetabek, gara-gara kemacetan,” ujar presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu saat mengawali rapat kabinet terbatas di kantor Jakarta, Selasa (8/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, andai kerugian Rp 65 triliun itu bisa dibelanjakan maka bisa untuk menbiayai proyek mass rapid transit (MRT) ataupun light rail transit (LRT). “Enggak mungkin hal seperti ini (kemacetan, red) kita teruskan," tegasnya.

Jokowi menambahkan, harus ada keberanian untuk memulai dan merancang sistem transportasi yang terintegrasi. Harapannya, uang yang puluhan triliun mubazir lantaran cuma jadi asap knalpot akibat kemacetan bisa dialihkan untuk membeli barang bermanfaat.

"Mestinya kalau MRT jadi, LRT jadi, kereta bandara jadi, Transjakarta ada. Betul-betul masyarakat kita dorong sehingga mobil yang ada di jalanan betul-betul bisa berkurang secara besar-besaran," sebut Jokowi.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menyatakan, kemacetan yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi telah menimbulkan kerugian besar.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News