RRI dan Iconomics Research Apresiasi 41 BUMN Terbaik

RRI dan Iconomics Research Apresiasi 41 BUMN Terbaik
Suasana acara Malam Penganugerahan RRI BUMN Award 2019 di Auditorium Yusuf Ronodiputro, Gedung RRI, Jakarta, Kamis malam (26/9/2019). Foto: dokumen panitia RRI BUMN Award 2019 for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - RRI dan Iconomics Research memberikan apresiasi kepada 41 perusahaan BUMN yang sudah menjalankan dengan baik fungsi dan perannya, baik sebagai perwakilan negara di sektor bisnis maupun sebagai korporasi yang mencari keuntungan.

Apresiasi bertajuk "RRI BUMN Award 2019" ini diberikan dengan mempertimbangkan empat kategori, pertama kategori market domination yaitu penghargaan kepada BUMN yang berhasil menjadi market leader di tengah persaingan yang ketat di industri yang menjadi core bisnisnya.

Alex Mulya, Director of Iconomics Research menyebutkan, sudah banyak bukti betapa besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. "BUMN juga adalah sebuah korporasi yang secara alamiah berdiri dengan tujuan mencari profit atau keuntungan.

Kedua, brand awareness dan brand image yaitu apresiasi kepada BUMN yang berhasil menjaga citra dan reputasi perusahaan di tengah persaingan usaha yang ketat. Ketiga, customer service quality yaitu apresiasi kepada BUMN yang berhasil memberikan pelayanan yang baik kepada customer baik secara offline maupun online.

Dan terakhir, social economy contribution, yaitu apresiasi kepada BUMN yang memberikan kontribusi social ekonomi yang besar kepada masyarakat Penilaian terhadap empat kategori tersebut dilakukan melalui beberapa metode, salahsatunya adalah Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan para pakar untuk mengetahui penilaian mereka terhadap BUMN.

Sementara itu, Sekretaris Kementrian BUMN, Imam S Putro mengatakan, Badan Usaha Milik Negara adalah perpanjangan tangan negara di sektor bisnis. Sebagai reprsentasi negara, BUMN memiliki tanggung jawab membantu pemerintah mewujudkan cita-cita luhur berdirinya negara yaitu mensejahterakan rakyatnya.

Karena itu, dalam menjalankan bisnisnya, BUMN tidak hanya berorientasi mencari keuntungan tetapi juga mendistribusikan kesejahteraan kepada seluruh warga negara Indonesia. Sudah banyak bukti betapa besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

Pembangunan infrastruktur yang kini sedang digalakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah salah satu contoh nyatanya.

RRI dan Iconomics Research memberikan apresiasi kepada 41 perusahaan BUMN yang sudah menjalankan dengan baik fungsi dan perannya, baik sebagai perwakilan negara di sektor bisnis maupun sebagai korporasi yang mencari keuntungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News